Pentingnya Pembentukan Konsep Diri Yang Positif Bagi Generasi Muda

21 Likes Comment

Hallo sobat generasi muda semuanya.. Bagaimana kabarnya hari ini semoga kita semua sehat selalu, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa 5M nya.

Konsep diri merupakan inti dari kepribadian seseorang dan berperan penting dalam mengarahkan perkembangan kepribadian dan perilaku seseorang dilingkungannya. Pada dasarnya konsep diri sangat berpengaruh bagi perkembangan pribadi seseorang yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku, untuk itu para generasi muda harus mampu mengembangkan konsep dirinya kearah yang positif supaya mengarah kepada perilaku yang positif, karena jika tidak mampu mengembangkan konsep diri yang positif, maka cendrung membuat diri merasa tidak berguna,
gagal, lemah, tidak bisa bersaing dan dibenci.

Individu dengan konsep diri yang positif ditandai dengan beberapa hal yaitu, memiliki keyakinan bahwa ia mampu mengatasi masalah, merasa setara dengan orang lain, menerima pujian tanpa rasa malu atau bersalah, menyadari bahwa setiap orang memiliki keinginan serta perilakunya yang belum tentu disetujui masyarakat, serta mengetahui dan menyadari keterangan – keterangan yang ada dalam dirinya dan berusaha memperbakinya.

Baca juga:  Peluang Konsep Ekonomi Digital Kala 'New Era'

Konsep diri yang positif akan mendapatkan tempat yang luas untuk menerima semua informasi mengenai diri baik yang positif maupun negatif, dengan kata lain, orang yang berkonsep diri positif akan menerima dirinya apa adanya dan memahami fakta yang bermacam – macam dalam dirinya sendiri. Kemampuan dalam menerima diri apa adanya bukan berarti tidak pernah kecewa atau gagal dalam dalam mengenali kesalahan sebagai sebuah kesalahan. Namun jika telah membentuk konsep diri yang positif, maka akan merasa tidak perlu menyesali atau meminta maaf untuk eksistensinya.

Selain itu, orang dengan konsep diri yang positip dalam sebuah pengharapan akan
merancang tujuan yang sesuai dan realistis. Dengan kata lain mempunyai keinginan yang besar untuk mencapai tujuan tersebut. Orang yang mempunyai konsep diri yang negatif akan menanggapi dan dan menerima informasi baru tentang dirinya sebagai sebuah ancaman hingga menimbulkan rasa kecewa. Dan dalam menilai dirinya akan selalu memiliki penilaian negatif terhadap dirinya sendiri, apapun pribadi
itu ia tidak akan pernah cukup baik, apapun yang diperoleh ia akan tidak seberharga apa yang dimiliki orang lain. Karena dampak selalu memandang negatif apa yang ada dalam dirinya.

Baca juga:  Dampak Positif Perkembangan Dan Kemajuan E Commerce Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia

Konsep diri negatif akan membuat orang meremehkan kemampuan dirinya dalam mencapai apa yang diinginkan. Sehingga yang terjadi ia tidak akan mengoptimalkan kemampuan untuk mencapai keinginannya tersebut, dan pada akhirnya benar – benar tidak mampu memperoleh keinginannya.

Untuk itu begitu pentingnya membentuk konsep diri yang positif bagi generasi muda agar menjadi individu yang optimis dalam menggapai cita-cita, karena jika konsep diri negatif yang terbentuk maka akan menimbulkan rasa pesimisme dan tidak percaya diri sehingga yang terjadi
adalah kegagalan untuk mencapai apa yang diimpikan dan apa yang diinginkan.

Konsep diri yang positif bisa membuat kita berpikir bahwa masa depan terlalu berharga untuk melakukan hal – hal yang bisa merugikan. Tetap semangat sobat generasi muda semuanya, semoga kita bisa mencapai semua impian kita semua..
terima kasih

Baca juga:  SUARA GEN Z : PERLUNYA MANAJEMEN KONFLIK DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Penulis : Hamadun Kosasi
Penerbit : Tim Redaksi linknews.co.id

You might like

About the Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *