ANBK : Penilaian Kualitas Kompetensi dan Karakter Murid

18 Likes Comment

Lubuklinggau, LINKNEWS – Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau melakukan Kegiatan Sosialisasi, Pemantapan dan Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022, yang dilaksanakan di Komplek SD Negeri 53 Kota Lubuklinggau, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dua sesi dalam satu hari dan dihadiri seluruh kepala sekolah dan operator sekolah.

Acara pembukaan yang di hadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Dr. H. Dian Chandera, M.Si dalam sambutannya, “mengharapkan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti dan memahami kegiatan ini”.

Sementara itu Idham Kholik M.Pd Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, menerangkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program Nasional yang diatur dalam Prosedur Operasional Standar oleh Badan Standar Kurikulum Kementerian Pendidikan Nomor : 013/H/PG.00/2022 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Asesmen Nasional tahun 2022. Dasar ini lah yang digunakan satuan pendidikan melaksanakan kegiatan tersebut.

Baca juga:  Pelti Lubuklinggau Persiapkan Atlet Pada Porprov Di Oku Raya

“Untuk pelaksanaan ANBK sendiri akan dilaksanakan 2 gelombang, yang pertama pada tanggal 24-27 Oktober 2022, yang kedua pada tanggal 28-30 Oktober 2022”.

“ANBK ini merupakan Asesmen atau Penilaian terhadap mutu pendidikan setiap sekolah, ada 3 komponen yang akan dinilai Literasi, Numerasi dan karakter,  sehingga menghasilkan informasi yang akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar serta sekolah-sekolah dapat menyusun program pengembangan kompetensi dan karakter murid.”

Lanjut Idham Kholik,M.Pd, terkait perangkat komputer dan jaringan internet pihak sekolah menyediakan sendiri-sendiri dan sudah ada beberapa sekolah yang dapat bantuan perangkat komputer, sementara itu untuk SDM ataupun tenaga pengajar penggunaan aplikasi dan komputer sudah ada beberapa tenaga pengajar yang di Bimtekkan oleh pemerintah Provinsi melalui kementerian pendidikan, yang nantinya dapat mengimbaskan atau membimbing kepada rekan-rekan operator yang lain, agar kegiatan ANBK dapat berjalan sesuai harapan bersama demi kemajuan mutu dan kualitas dunia pendidikan. (Yep)

You might like

About the Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *